Tahun 2021 M atau 1442 H ini merupakan tahun kedua dilaksanakan Ramadhan dalam kondisi Pandemi Covid-19. Pada Ramadhan di tahun pertama Covid-19 lalu tidak banyak yang dapat dilakukan oleh FDH dalam rangka menyambut dan menyemarakkan Ramadhan 1441 H, termasuk pula instansi pemerintah, yang biasanya diawali dengan pawai menyambut Ramadhan, Safari dan lain sebagainya benar-benar tidak dilakukan, beberapa kegiatan tersebut juga belum bisa dilaksanakan dalam tahun ini karena masih dalam suasana Covid-19.

Walau masih dalam kondisi pandemi, secara umum kondisi di Sambas sempat memperlihatkan tanda-tanda akan hilangnya Pandemi Covid-19 sejak akhir tahun 2020. Kondisi yang beransur membaik ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh FDH untuk terus berkreasi bersama dengan seluruh civitas akademika dilingkungan FDH, walau dalam kondisi bagaimanapun kreatifitas yang dapat menumbuhkan semangat sebagai lembaga akademik harus tetap terjaga dan tumbuh berkembang.

Beberapa diantara kegiatan yang dilakukan oleh Dosen FDH dalam upaya mengembagkan kajian yang dapat memberikan pencerahan kepada banyak orang adalah bersama-sama melakukan kegiatan dengan CSM-TV Sambas dalam Program ‘Cahaya Islami’ yang tayang setiap hari selama bulan Ramadhan menjelang berbuka puasa.

Tayang perdana dalam program tersebut yaitu Maulana, M. A (Sekretaris Prodi IQT) dengan tema ‘Akhlak yang Mulia’. Teras Aula IAIS yang dipilihnya sebagai lokasi shooting

Berbeda dengan (c) Dr. Hadari, M. Th. I (Sekretaris Lab. IQT) yang memilih lokasi di bawah pohon yang terdapat di halaman Perpustakaan IAIS Sambas  yang mengambil tema Tausiyahnya “Perintah Puasa”.

 

Beberapa Dosen FDH lain justru memilih lokasi Indoor ketika shooting, seperti Dr. Alkadri, M.Ag (Wakil Rektor III) yang memilih ruang kerjanya.

Tema yang diangkat oleh Dr. Alkadri, M.Ag yaitu “Hikmah Puasa Momentum Introspeksi Diri”, begitu pula dengan (c) Dr. Zulfikar Ghazali, M.IP. (Kepala UPT. Perpustakaan IAIS) juga shooting dilaksanakan dalam ruangan

tema yang diangkatnya yaitu “Mengapa Kita Harus Beribadah”. sementara (c) Dr. Hamnah, M.Th.I (Ketua Lab. IQT) juga dalam lokasi yang sama, yaitu di ruang Baca Perpustakaan IAIS Sambas, materi tausiyahnya dengan judul “Sabar Jalani Puasa Ramadhan”

Kegiatan ini merupakan bagian Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Para Dosen di lingkungan Fakultas Dakwah dan Humaniora. Salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh Dosen dari tiga unsur yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat, dua lainnya yaitu Pendidikan-pengajaran dan Penelitian.

PKM pada bulan Ramadhan dilaksanakan dengan kerjasama antar lembaga yaitu CSM-TV Sambas, dengan target seluruh dosen dapat mengikutinya, hanya saja diakibatkan oleh berbagai kendala maka hanya beberapa dosen saja yang dapat melakukan, apalagi pihak CSM-TV juga meminta pihak lain untuk mengisi tausiyah dalam program Cahaya Hati selama bulan Ramadhan.

Diantara pilihan lokasi shooting yang paling berkesan diantara lokasi pilihan dosen lainnya adalah lokasi yang dipilih oleh Nurul Hidayat, M. Sos (Sekretaris Prodi SPI) dan Dr. Deni Irawan, M.S.I  (Ketua UPM Pascasarjana)

dengan judul “Ibadah Puasa Membentuk Pribadi yang Bertaqwa”, sementara Dr. Deni Irawan menyampaikan Tausiyah dengan Judul “Nikmat Bersedekah di Bulan Suci Ramadhan”

Selain disiarkan pada saat menjelang berbuka puasa Ramadhan, rekaman video dapat juga disaksikan pada chanel Youtube CSM-TV Sambas.

 

By

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *