Visi, Misi dan Tujuan Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII)

Visi

Menjadi Program Studi yang Unggul, Berbasis Teknologi yang Berdaya Saing di Dunia Layanan Informasi dalam Menyediakan Akses dan Penyebaran Ilmu Pengetahuan, untuk Mewujudkan Pustakawan yang Profesional di Wilayah Perbatasan

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ilmu perpustakaan dan informasi Islam yang berkualitas dan berwawasan wilayah perbatasan, guna menghasilkan lulusan yang profesional, berintegritas, dan berdaya saing tinggi.
  • Mengembangkan penelitian di bidang ilmu perpustakaan dan informasi Islam yang inovatif dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat di wilayah perbatasan, untuk memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan keislaman.
  • Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat yang berbasis ilmu perpustakaan dan informasi Islam untuk mendukung pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di wilayah perbatasan, dengan fokus pada pemberdayaan komunitas lokal dan peningkatan literasi informasi.
  • Mengembangkan kerjasama dengan institusi pendidikan, perpustakaan, dan organisasi lainnya di dalam dan luar negeri, terutama di wilayah perbatasan, untuk memperkuat jaringan dan kolaborasi dalam bidang perpustakaan dan informasi.

Tujuan

  • Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, profesional, dan berdaya saing tinggi dalam bidang ilmu perpustakaan dan informasi Islam, khususnya untuk kebutuhan masyarakat di wilayah perbatasan.
  • Menghasilkan penelitian yang berkualitas dan inovatif dalam bidang ilmu perpustakaan dan informasi Islam, yang berorientasi pada kebutuhan dan tantangan masyarakat di wilayah perbatasan.
  • Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat yang berbasis ilmu perpustakaan dan informasi Islam, untuk mendukung pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di wilayah perbatasan, dengan fokus pada peningkatan literasi informasi dan akses terhadap pengetahuan.
  • Mengembangkan jaringan kerja sama dengan institusi pendidikan, perpustakaan, dan organisasi lainnya di dalam dan luar negeri, terutama yang berfokus pada wilayah perbatasan, untuk memperkuat kolaborasi dan pengembangan ilmu perpustakaan dan informasi Islam